CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat
keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan melaksanakan perintah dan
data dari perangkat lunak. Karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah
komputer, CPU sering disebut juga sebagai processor. Cepat atau lambatnya
kinerja dari sebuah computer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari
CPU yang digunakan.
1. Bus
Jalur komunikasi yang dibagi pemakai Suatu set kabel tunggal yang digunakan untuk menghubungkan berbagai subsistem. Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi yang dapat digunakan bersama. Sistem komputer terdiri dari sejumlah bus yang berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada bermacam-macam tingkatan hirarki sistem komputer.
2. Register
Register merupakan alat penyimpanan berukuran relatif kecil namun memiliki kecepatan akses cukup tinggi dengan fungsi untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat sedang di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
3. Aritmathic Logic Unit
Aritmathic Logic Unit atau dapat disingkat dengan ALU merupakan bagian dari CPU yang memiliki tugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut juga sebagai mesin bahasa karena ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
4. Memori
Memori adalah istilah umum yang mengacu ke perangkat fisik komputer apa saja yang mampu untuk menyimpan data baik secara permanen maupun sementara. Memori termasuk komponen vital karena performa dari sebuah unit komputer salah satunya ditentukan oleh komponen ini, semakin besar ruang penyimpanan dan kecepatan dari memori, semakin bagus performa dari sebuah unit komputer.
A.
BUS
Cara
kerja Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitektur komputernya akan lebih kompleks,
sehingga untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus. Tiap bus
merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM,
Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang
lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang
lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung
dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar
bus ini digunakan sebuah bridge.
Jenis — Jenis Bus
Berdasar
jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data
tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut
Dedicated Bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data,
alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut
Multiplexed Bus. Kekurangan multiplexed bus adalah hanya memerlukan saluran
sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan transfer data menurun dan
diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks.
Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari multipexed bus.
Struktur Bus Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu saluran data, saluran alamat, dan saluran kontrol.
Struktur Bus Sebuah bus sistem terdiri dari 50 hingga 100 saluran yang terpisah. Masing-masing saluran ditandai dengan arti dan fungsi khusus. Walaupun terdapat sejumlah rancangan bus yang berlainan, fungsi saluran bus dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu saluran data, saluran alamat, dan saluran kontrol.
Selain itu, terdapat pula saluran distribusi daya yang memberikan
kebutuhan daya bagi modul yang terhubung:
1. Saluran Data Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiri dari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diakitakan denang lebar bus data. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada suatu saat. Lebar bus data merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Misalnya, bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap instruksi panjangnya 16 bit, maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya.
1. Saluran Data Saluran data memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul sistem. Saluran ini secara kolektif disebut bus data. Umumnya bus data terdiri dari 8, 16, 32 saluran, jumlah saluran diakitakan denang lebar bus data. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada suatu saat. Lebar bus data merupakan faktor penting dalam menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Misalnya, bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap instruksi panjangnya 16 bit, maka CPU harus dua kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya.
2. Saluran Alamat Saluran
alamat digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data.
Misalnya, bila CPU akan membaca sebuah word data dari memori, maka CPU akan
menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. Lebar bus alamat akan
menentukan kapasitas memori maksimum sistem. Selain itu, umumnya saluran alamat
juga dipakai untuk mengalamati port-port input/outoput. Biasanya, bit-bit
berorde lebih tinggi dipakai untuk memilih lokasi memori atau port I/O pada
modul.
3. Saluran Kontrol Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya. Sinyal-sinyal kontrol melakukan transmisi baik perintah maupun informasi pewaktuan diantara modul-modul sistem. Sinyal-sinyal pewaktuan menunjukkan validitas data dan informasi alamat. Sinyal-sinyal perintah mespesifikasikan operasi-operasi yang akan dibentuk. Umumnya saluran kontrol meliputi : memory write, memory read, I/O write, I/O read, transfer ACK, bus request, bus grant, interrupt request, interrupt ACK, clock, reset.
3. Saluran Kontrol Saluran kontrol digunakan untuk mengntrol akses ke saluran alamat dan penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran alamat dipakai bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya. Sinyal-sinyal kontrol melakukan transmisi baik perintah maupun informasi pewaktuan diantara modul-modul sistem. Sinyal-sinyal pewaktuan menunjukkan validitas data dan informasi alamat. Sinyal-sinyal perintah mespesifikasikan operasi-operasi yang akan dibentuk. Umumnya saluran kontrol meliputi : memory write, memory read, I/O write, I/O read, transfer ACK, bus request, bus grant, interrupt request, interrupt ACK, clock, reset.
Contoh jenis bus yang beredar
di pasaran saat ini adalah, PCI, ISA, USB, SCSI, FuturaBus+, FireWire, dan
lain-lain. Semua memiliki keunggulan, kelemahan, harga, dan teknologi yang
berbeda sehingga akan mempengaruhi jenis-jenis penggunaannya.
Bus ISA
:Industri computer personal lainnya merespon perkembangan ini dengan mengadopsi
standarnya sendiri, bus ISA (Industry Standar Architecture), yang pada dasarnya
adalah bus PC/AT yang beroperasi pada 8,33 MHz. Keuntungannya adalah bahwa
pendekatan ini tetap mempertahankan kompatibilitas dengan mesin-mesin dan
kartu-kartu yang ada.
Bus PCI :
Peripheral Component Interconect (PCI) adalah bus yang tidak tergantung
prosesor dan berfungsi sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. Standar PCI
adalah 64 saluran data pada kecepatan 33MHz, laju transfer data 263 MB per
detik atau 2,112 Gbps. Keunggulan PCI tidak hanya pada kecepatannya saja tetapi
murah dengan keping yang sedikit.
Bus USB :
Semua perangkat peripheral tidak efektif apabila dipasang pada bus kecepatan
tinggi PCI, sedangkan banyak peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti
keyboard, mouse, dan printer. Sebagai solusinya tujuh vendor computer (Compaq,
DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northen Telecom) bersama-sama meranccang
bus untuk peralatan I/O berkecepatan rendah. Standar yang dihasilakan dinamakan
Universal Standard Bus (USB).
Bus SCSI :
Small Computer System Interface (SCSI) adalah perangkat peripheral eksternal
yang dipoulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface
standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat
penyimpanan eksternal berukuan besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan
8,16, atau 32 saluran data. Bus P1394 / Fire Wire : Semakin pesatnya kebutuhan
bus I/O berkecepatan tinggi dan semakin cepatnya prosesor saat ini yang
mencapai 1 GHz, maka perlu diimbangi dengan bus berkecepatan tinggi juga. Bus
SCSI dan PCI tidak dapat mencukupi kebutuhan saat ini. Sehingga dikembangkan
bus performance tinggi yang dikenal dengan FireWire (P1393 standard IEEE).
P1394 memiliki kelebihan dibandingkan dengan interface I/O lainnya, yaitu
sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Pada kenyataan P1394
tidak hanya popular pada system computer, namun juga pada peralatan elektronik
seperti pada kamera digital, VCR, dan televise. Kelebihan lain adalah
penggunaan transmisi serial sehingga tidak memerlukan banyak kabel.
B.
Register
Register adalah sebuah tempat penampungan sementara untuk
data-data yang akan diolah oleh prosesor, dan dibentuk oleh 16 titik elektronis
di dalam chip mikroprosessor itu sendiri. Dengan adanya tempat-tempat penampungan
data sementara ini, proses pengolahan akan bisa dilakukan secara jauh lebih
cepat dibandingkan apabila data-data tersebut harus diambil langsung dari lokasi-lokasi
memori.
Register-register tersebut sebagai register internal dan
terdiri dari empat belas register dan keseluruhannya dapat dibagi dalam
beberapa jenis, yaitu : Register Segment Terdiri dari 4 register, yaitu Code
Segment, Data Segment, Stack Segment, dan Extra Segment.
1. Segment adalah bagian dari ruang memori yang berkapasitas 64 kilobyte (65536 byte) dan digunakan secara spesifik untuk menempatkan jenis-jenis data tertentu. Misalnya code segment digunakan oleh program dan instruksi-instruksi (code), data segment dialokasikan untuk data-data, stack segment dipakai untuk menyediakan ruang untuk stack, yang berfungsi untuk penyimpanan data dan alamat sementara pada saat program utama sedang mengerjakan program percabangan (subroutine, prosedur, dan sebagainya) dan extra segment sebagaimana halnya data segment juga dipergunakan sebagai penempatan data-data.
2.Register Data Register data adalah register yang mengandung informasi yang akan, sedang atau telah diolah oleh komputer. Pada 8088 register ini diwujudkan oleh AX, BX, CX dan BX (sebagai general purpose register), sehubungan dengan fungsinya yang selain menangani tugas-tugas khusus, juga bisa dimanfaatkan untuk membantu proses-proses pengolahan data didalam internal mikroprosessor.
3.Register Index dan Pointer Register jenis pointer dan register index merupakan register-register yang memuat alamat offset dari segment-segment tertentu, yang terdiri dari stack pointer (SP) dan base pointer (BP) yang digunakan sebagai pemegang nilai offset dari stack segment, sedangkan source index (SI) dan destination index (DI) berisi nilai offset dari data segment. Instruction pointer (IP) merupakan pemegang nilai offset dari code segment dan fungsinya mirip dengan program counter (PC) pada prosesor-prosesor 8 bit. Hanya bedanya, program counter langsung mengalamati instruksi-instruksi yang ada dimemori dengan nilainya sendiri, IP harus bekerja sama dengan register CS untuk dapat membentuk pengalamatan 20 bit dalam format segment offset. Register Status Register ini mempunyai struktur yang berbeda dengan register-register lainnya, yang dibentuk dari sebuah register 16 bit, yang masing-masing bitnya memberikan informasi tertentu tentang keadaan-keadaan yang terjadi pada prosesor, sebagai akibat proses pengolahan data Informasi yang diwakili oleh sebuah bit pada register status disebut 'flag'. Hanya 9 dari keseluruhan 16 bit yang dipakai oleh register status sebagai tanda kondisi-kondisi prosesor.
C. ALU (Aritmathic Logic Unit)
Arithmatic and Logic Unit (ALU) adalah salah satu
bagian/komponen dalam sistem didalam sistem komputer yang berfungsi melakukan
operasi/perhitungan aritmatika dan logika (seperti penjumlahan, pengurangan dan
beberapa logika lain). ALU
bekerja sama dengan memori, dimana hasil
dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori. Perhitungan
dalam ALU menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksi yang
akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya
menggunakan sistem bilangan biner (two’s
complement). ALU mendapat data dari register. Kemudian data tersebut
diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU.
Operasi aritmatika adalah operasi
penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND
dan OR. ALU melakukan operasi aritmatika
yang lainnya seperti pengurangan, dan pembagian dilakukan dengan
dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk
melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder. ALU melakukan operasi
aritmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatika yang lainnya, seperti
pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan.
sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi
arithmatika.
Tugas dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi
logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation)
meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator
logika, yaitu :
a. Sama dengan (=)
b. Tidak sama dengan (<>)
c. Kurang dari (<)
d. Kurang atau sama dengan dari (<=)
e. Lebih besar dari (>)
f. Lebih besar atau sama dengan dari (>=)
Arithmatic
Logical Unit (ALU) Juga Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data
komputer. ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini
mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya. ALU
terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang
masing – masing memiliki spesifikasi dan tugas tersendiri. Fungsi-fungsi yang
didefinisikan pada ALU adalah Add (penjumlahan), Addu (penjumlahan tidak
bertanda), Sub (pengurangan), Subu (pengurangan tidak bertanda),
and, or, xor, sll (shift left logical), srl (shift right logical), sra (shift
right arithmetic), dan lain-lain.
Arithmetic
Logical Unit (ALU) merupakan unit penalaran secara logic. ALU ini
merupakan Sirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas menghitung dan
membandingkan. Angka-angka dikirim dari memori ke ALU untuk dikalkulasi dan
kemudian dikirim kembali ke memori. Jika CPU diasumsikan sebagai otaknya
komputer, maka ada suatu alat lain di dalam CPU tersebut yang kenal dengan
nama Arithmetic Logical Unit (ALU), ALU inilah yang berfikir untuk
menjalankan perintah yang diberikan kepada CPU tersebut.
ALU sendiri
merupakan suatu kesatuan alat yang terdiri dari berbagai komponen perangkat
elektronika termasuk di dalamnya sekelompok transistor, yang dikenal
dengan nama logic gate, dimana logic gate ini berfungsi untuk melaksanakan
perintah dasar matematika dan operasi logika. Kumpulan susunan dari logic gate
inilah yang dapat melakukan perintah perhitungan matematika yang lebih komplit
seperti perintah “add” untuk menambahkan bilangan, atau “devide” atau pembagian
dari suatu bilangan. Selain perintah matematika yang lebih komplit, kumpulan
dari logic gate ini juga mampu untuk melaksanakan perintah yang berhubungan
dengan logika, seperti hasil perbandingan dua buah bilangan.
Instruksi yang dapat dilaksanakan oleh ALU disebut
dengan instruction set. Perintah yang ada pada masing-masing CPU
belum tentu sama, terutama CPU yang dibuat oleh pembuat yang berbeda,
katakanlah misalnya perintah yang dilaksanakan oleh CPU
buatan Intel belum tentu sama dengan CPU yang dibuat oleh Sun atau
perusahaan pembuat mikroprosesor lainnya. Jika perintah yang dijalankan oleh
suatu CPU dengan CPU lainnya adalah sama, maka pada level inilah suatu sistem
dikatakan compatible. Sehingga sebuah program atau perangkat lunak atau
software yang dibuat berdasarkan perintah yang ada pada Intel tidak akan
bisa dijalankan untuk semua jenis prosesor,kecuali untuk prosesor yang
compatible dengannya.
Seperti halnya dalam bahasa yang digunakan oleh manusia,
instruction set ini juga memiliki aturan bahasa yang bisa saja berbeda satu
dengan lainnya. Bandingkanlah beda struktur bahasa Inggris dengan Indonesia,
atau dengan bahasa lainnya, begitu juga dengan instruction set yang ada pada
mesin, tergantung dimana lingkungan instruction set itu digunakan.
ALU akan bekerja setelah mendapat perintah dari Control Unit
yang terletak pada processor. Contorl Unit akan memberi perintah sesuai dengan
komando yang tertulis(terdapat) pada register. Jika isi register memberi
perintah untuk melakukan proses penjumlahan, maka PC akan menyuruh ALU untuk
melakukan proses penjumlahan. Selain perintah, register pun berisikan
operand-operand. Setelah proses ALU selesai, hasil yang terbentuk adalah sebuah
register yang berisi hasil atau suatuperintah lainnya. Selain register, ALU pun
mengeluarkan suatu flag yang berfungsi untuk memberi tahu kepada kita tentang
kondisi suatu processor seperti apakah processor mengalami overflow atau tidak.
ALU
(Arithmethic and Control Unit) adalah bagian dari CPU yang bertanggung jawab
dalam proses komputasi dan proses logika. Semua komponen pada CPU bekerja untuk
memberikan asupan kepada ALU sehingga bisa dikatakan bahwa ALU adalah inti dari
sebuah CPU. Perhitungan pada ALU adalah bentuk bilangan integer yang
direpresentasikan dengan bilangan biner. Namun, untuk saat ini, ALU dapat
mengerjakan bilangan floating point atau bilangan berkoma, tentu saja
dipresentasikan dengan bentuk bilangan biner. ALU mendapatkan data (operand,
operator, dan instruksi) yang akan disimpan dalam register. Kemudian data
tersebut diolah dengan aturan dan sistem tertentu berdasarkan perintah control
unit.
Setelah proses ALU dikerjakan, output akan disimpan dalam
register yang dapat berupa sebuah data atau sebuah instruksi. Selain itu,
bentuk output yang dihasilkan oleh ALU berupa flag signal. Flag signal ini
adalah penanda status dari sebuah CPU. Bilangan Ineger Bilangan integer (bulat)
tidak dikena oleh komputer dengan basis 10. Agar komputer mengenal bilangan
integer, maka para ahli komputer mengkonversi basis 10 menjadi basis 2. Seperti
kita ketahui, bahwa bilangan berbasis 2 hanya terdiri atas 1 dan 0. Angka 1 dan
0 melambangkan bahwa 1 menyatakan adanya arus listrik dan 0 tidak ada arus
listrik. Namun, untuk bilangan negatif, computer tidak mengenal simbol (-).
Komputer hanya mengenal simbol 1 dan 0. Untuk mengenali bilangan negatif, maka
digunakan suatu metode yang disebut dengan Sign Magnitude Representation.
Metode ini menggunakan simbol 1 pada bagian paling kiri (most significant) bit.
Jika terdapat angka 18 = (00010010)b, maka -18 adalah (10010010)b. Akan tetapi,
penggunaan sign-magnitude memiliki 2 kelemahan. Yang pertama adalah terdaptnya
-0 pada sign magnitude[0=(00000000)b; -0=(10000000)b]. Seperti kita ketahui,
angka 0 tidak memiliki nilai negatif sehingga secara logika, sign-magnitude
tidak dapat melakukan perhitungan aritmatika secara matematis. Yang kedua
adalah, tidak adanya alat atau software satupun yang dapat mendeteksi suatu bit
bernilai satu atau nol karena sangat sulit untuk membuat alat seperti itu. Oleh
karena itu, penggunaan sign magnitude pada bilangan negatif tidak digunakan,
akan tetapi diganti dengan metode 2′s complement. Metode 2′s complement adalah
metode yang digunakan untuk merepresentasikan bilangan negatif pada komputer.
Cara yang digunakan adalah dengan nilai terbesar dari biner
dikurangin dengan nilai yang ingin dicari negatifnya. Contohnya ketika ingin mencari
nilai -18, maka lakukan cara berikut:
1.
Ubah angka 18 menjadi biner
(00010010)b
2.
Karena biner tersebut terdiri dari 8
bit, maka nilai maksimumnya adalah 11111111
3.
Kurangkan nilai maksimum dengan
biner 18 -> 11111111 – 00010010 = 11101101
4.
Kemudian, dengna sentuhan terakhir,
kita tambahkan satu -> 11101101 + 00000001 = 11101110
Dengan
metode 2′s complement, kedua masalah pada sign magnitude dapat diselesaikan dan
komputer dapat menjalankan. Namun, pada 2′s complement, nilai -128 pada biner 8
bit tidak ditemukan karena akan terjadi irelevansi.
D.
Memori
Memori
komputer dapat memiliki sifat volatile atau non-volatile. Memori komputer yang
memiliki sifat folatile akan kehilangan konten (data atau informasi) ketika
komputer mati (kehilangan daya), sebaliknya memori komputer yang bersifat
non-folatile akan tetap menyimpan konten sekalipun komputer dalam keadaan mati.
Memori komputer dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu memori utama (main memory)
dan memori sekunder (secondary memory).
1.
Memori utama (main memory).
Memori utama digunakan sebagai akses
data cepat oleh processor dan tidak berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan
data. Memori utama dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu ROM (Read Only Memori)
dan RAM (Random Access Memory) atau juga dikenal dengan Read and Write Memory
(RWM).
Read Only Memory (ROM).
ROM adalah jenis memori yang
kontennya tidak hilang ketika komputer mati (kehilangan daya). Pada awalnya
memori ini hanya bisa dibaca saja, tidak bisa dihapus dan kontennya sudah diisi
oleh pabrik pembuatnya. Saat komputer dinyalakan, sebagaian konten (instruksi)
yang ada di ROM ini akan dipindahkan ke RAM. Instruksi-instruksi yang ada di
ROM diantaranya adalah instruksi untuk membaca sistem operasi, memeriksa semua
komponen dari sistem dan menampilkan pesan di layar.
Dalam perkembangannya, ROM kemudian
memiliki beberapa tipe yaitu PROM (Programmable ROM) adalah ROM yang dapat
diprogram kembali satu kali, RPROM (Re-Programmable ROM) adalah ROM yang dapat
diprogram sesuai keinginan, EPROM (Eraseble Programmable ROM) adalah ROM yang
dapat dihapus menggunakan sinar ultraviolet dan diprogram kembali dan EEPROM
(Electically Eraseble Programmable ROM) adalah ROM yang dapat dihapus
menggunakan sinyal elektrik dan diprogram ulang. Di komputer dekstop, ROM juga
dikenal dengan BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS.
Random Access Memory (RAM).
RAM adalah kumpulan chip memori
berupa IC (Integrated Circuit) yang terdiri dari jutaan transistor dan
kapasitor. RAM merupakan tempat penyimpanan sementara dari komputer saat
dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). Konten dari RAM dapat
dirubah (diganti) dan bersifat folatile. Fungsi utama RAM adalah mempercepat
pemrosesan data karena dapat disimpan dan diambil kembali dengan sangat cepat.
Semakin besar RAM yang dimiliki
komputer, semakin cepat pula kinerja dari komputer tersebut. RAM dibagi menjadi
dua tipe yaitu DRAM (Dynamic RAM) adalah memori utama dari komputer (contoh
FPM, EDO, SDRAM, RDRAM, DDR SDRAM, DDR2 SDRAM, DDR3 SDRAM dan DDR4 SDRAM) dan SRAM
(Static RAM) adalah RAM yang digunakan sebagai cache berkecepatan tinggi dan
buffer.
2.
Memori sekunder (secondary memory).
Bersifat non-folatile dan digunakan
sebagai perangkat penyimpanan skala besar untuk menyimpan data dan program
secara permanen. Data maupun program yang tersimpan di memori sekunder ini
tetap ada dan tidak akan hilang meskipun komputer mati (tidak ada daya). Data
ini bisa disalin ke berbagai macam perangkat memori sekunder lainnya dan akan
tetap sama apabila dibuka di komputer lain. Memori sekunder dapat dibagi
menjadi Optical Storage Device, Magnetic Storage Device dan Flash Memory
Device.
Optical Storage Device.
Perangkat penyimpanan data berbentu
kecil dan portabel serta dapat diperoleh dengan mudah dan murah di pasaran
(contoh Compact Disc, DVD dan Blu-ray Disc).
Magnetic Storage Device.
Perangkat penyimpanan yang paling
populer untuk akses langsung. Data atau infomasi di simpan di trek-trek dari
permukaan disk dalam bentuk titik magnet kecil (contoh Floppy Disc dan Hard
Disc Drive).
Referensi :
No comments:
Post a Comment