Tuesday, October 1, 2019

Evolusi Arsitektur Komputer


Komputer, merupakan suatu alat yang wajib untuk dimiliki setiap orang pada zaman teknologi modern seperti sekarang, karena fungsinya sendiri yang sangat banyak dan dibutuhkan diberbagai bidang. Bentuk dan kemampuannya sendiri pun terus dan semakin berkembang mengikuti kebutuhan pekerjaan nya yang semakin berat. Oleh karena itulah baik untuk kita mempelajari bagaimana evolusi dari arsitektur komputer tersebut.

A.    Pengertian Evolusi Arsitektur Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang berarti menghitung. Dalam bahasa inggris disebut compute. Karena asal mulanya pengolahan informasi  dengan komputer hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara definisi komputer diartikan  “Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Sedangkan arsitektur, merupakan seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengimajinasikan diri dan ilmu mereka dalam merancang bangunan. Asal kata arsitektur sendiri dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa latin “architectura” yang secara etimologi berasal dari bahasa yunani kuno “arkhitekton”, yang secara harfiah berarti pembangunan utama (chief builder).

Oleh karena itu, arsitektur komputer  dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Evolusi adalah proses perubahan secara berangsur-angsur (bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih kompleks/ rumit ataupun berubah menjadi bentuk yang lebih baik

B.     Point yang Mempengaruhi Evolusi Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer mengandung 3 sub-kategori:
·         Set instruksi (ISA)
·         Arsitektur mikro dari ISA, dan
·         Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Evolusi komputer yang ada selama ini didasarkan pada :
·         Peningkatan Processor Speed
·         Penurunan ukuran fisik komponen
·         peningkatan ukuran memori utama
·         peningkatan kapasitas dan kecepatan Input Output (I/O) sistem

 Faktor utama yang menentukan pada peningkatan kecepatan proses processor :
·         Jarak antara komponen satu dengan yang lainnya didalam sistem processor yang ada
·         Penggunaan teknik pemrosesan data seperti pipelineng dan paralel processing
·         Balancing Performance antar semua komponen dalam computer

C.     Sejarah dan Evolusi Arstektur Komputer

Sejarah awal komputer modern dimulai dari project ENIAC (Electronics Numerical Integrator And Computer). dibuat oleh John Mauchly dan Presper Eckert dari Pensylvania untuk keperluan  Trajectory tables of weapons pada Army Ballistics Research Laboratory pada tahun 1943. pengoprasian komputer masing menggunakan Desimal, bukan binary.


Pada zaman ENIAC komputer tidak dapat menyimpan data, lalu dilakukan penyempurnaan, penggagasnya adalah Jhon Van Neumann dengan komputernya dikenal dengan sebutan IAS Computer. pada generasi IAS ini dikenal dengan istilah “Stored Programmed Concepts” yang mampu menyimpan data.
Struktur dari IAS :



·         Memory Utama sebagai penyimpan instruksi dan data
·         ALU berfungsi untuk melakukan data Processing dalam format binary data
·         Control Unit berfungsi untuk meng-interprestasikan instruksi mana yang akan menentukan bentuk pemrosesan data
·         Input Output berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dengan pengguna / user
“Stored Program Concept” yaitu konsep Arsitektur komputer modern yang terdiri dari 3 prinsip utama :
·         Data dan Instruksi disimpan di suatu lokasi yang disebut Memory
·         Memory di akses berdasarkan “Address” lokasinya
·         Program di eksekusi secara berurutan dari satu instruksi ke instruksi berikutnya.

Analogi Memory Utama :

  Memory utama adalah tempat untuk menyimpan Opcode dan Operand
·         Memory Utama seperti Filing Cabinet atau Loker
·         Nomor Laci melambangkan alamat memory
·         Jumlah laci melambangkan kapasitas memory utama
·         Besar / kecilnya tiap laci melambangkan kemampuan memory utama dalam menyimpan bit-bit data

Detail dari Arsitektur Komputer IAS :


·         Register : merupakan memori internal processor
·         Accumulator : register utama yang tercepat yang berfungsi untuk data masuk pertama kali dan untuk menyimpan hasil proses dari ALU, jumlahnya 1 untuk setiap ALU
·         Multiplier Quoteint / Temporary Register : register pembantu Accumulator, jumlahnya bervariasi
·         Arithmatic and Logic Unit (ALU) : sebagai unit pemrosesan data yang diproses tergantung dari instruksi
·         Instruction Buffer Register : register penyimpan instruksi sementara
·         Instruction Register : penterjemah / peng-interprestasi instruksi yang masuk instruksi terdiri dari Opcode dan Operand.
·         Opcode : Operation Code, berupa kombinasi biner sebagai penentu / perintah suatu proses yang akan dilakukan oleh prosesor
·         Operand : berupa data atau variabel yang akan diproses prosesor.
·         contoh instruksi dengan analogi bahasa JAVA : System.out.print(“ceritama”);

Hubungan Processor, Memory, dan I/O :

1.      Generasi Pertama :

2.      Generasi Kedua :

3.      Generasi Ketiga :

Hal – hal utama yang ingin dicapai dari penggunaan teknologi perangkat keras terkini :
a.       Dimensi fisik semakin kecil
b.      Daya listrik semakin kecil
c.       Multimedia Real time semakin baik

Referensi :

·         https://fajarhidayat513.wordpress.com/2016/09/29/evolusi-arsitektur-komputer/

No comments:

Post a Comment